Jumat, 28 Juni 2013

Korupsi dan Amanah

KORUPSI DAN AMANAH

       Korupsi yang berasal dari kata kerja corrumere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutar balik, menyogok. Secara harfiah korupsi adalah perilaku pejabat publik baik politikus maupun pegawai negeri yang secara tidak wajar dan tidak sah memperkaya diri sendiri dan orang yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dekat dengan mereka. Semua bentuk pemerintah ataupun pemerintahan tenpa terkecuali tidak ada korupsi itu berbeda-beda mulai dari yang ringan hingga yang tertinggi. Dalam arti luas, korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah/pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunakan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. contohnya saja kasus korupsi dari beberapa kasus adalah Gayus Tambunan mantan Direktorat Jendral Pajak. berbagai tanda tanya besar masih menyelimuti kasus yang dibongkar Komisaris Jendral Susno Duadji. Yang terbaru di Indonesia yang sangat menghebohkan, beliau yang tersangkut kasus Impor daging ini lebih dikenal dengan AF. Korupsi yang ia lakukan tidak hanya merugikan Negara tapi juga mengejutkan beberapa kalangan. Sejumlah wanita ikut terseret dalam aliran dana impor daging yang tersangka lakukan.

       Korupsi dapat terjadi di karenakan konsentrasi kekuasaan di pengambil keputusan yang tidak bertanggung jawab langsung kepada rakyat, seperti yang sering terlihat di rezim-rezim yang bukan demokratik, Kurangnya transparasi di pengambilan keputusan pemerintah, Lemahnya ketertiban hukum dan sebagainya.

       merangkai kata untuk perubahan sangat mudah, namun melaksankan rangkaian kata dalam bentuk gerakan itu sulit. di butuhkan kecerdasan dan keberanian untuk merobohkan pilar-pilar korupsi yang menjadi penghambat utama lambannya pembangunan. Sesungguhnya manusia saat menerima jabatan berupa kekuasaan, merupakan awal dari menerima soal atas ujian hidup. Jadilah pemimpin yang amanah akan tanggung jawab yang telah diberikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar