Kamis, 27 Juni 2013

Menyuluh dan menombak si Mata Merah

MENYULUH DAN MENOMBAK
SI MATA MERAH



Dengan menghabiskan waktu sekitar empat jam, warga nelayan madong sudah bisa membiayai kebutuhan hidup satu hari. Menyuluh udang merupakan salah satu pekerjaan yang dilakukan para nelayan di madong, tanjungpinang (16/04). Meskipun menyuluh udang bukan hal yang mudah untuk di kerjakan, tetapi masih banyak sebagian anak muda di Madong melakukan menyuluh udang untuk menambah uang saku untuk sekolah ataupun saku kuliah, seperti yang telah dilakukan oleh Rendi (18) yang menyuluh udang setiap harinya untuk membantu perekonomian keluarganya.
Para nelayan di madong akan segera pergi menyuluh udang apabila air sudah mulai surut dan mereka pun segera mengayuh sampannya menuju hilir (tempat dimana mereka menyuluh udang), akan tetapi tidak setiap hari nelayan madong dapat melaut untuk menyuluh udang. Dikarenakan pasang surut air laut serta cuaca yang tidak menentu seperti : angina kencang dan hujan.

Meskipun menyuluh sebagai salah satu pekerjaan nelayan di madong, tetapi hasil yang didapat dari menyuluh udang cukup besar. Dalam waktu beberapa jam saja para nelayan yang menyuluh udang bisa mendapatkan 1-3kg udang perharinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar